Kegiatan Penyusunan Jadwal Retensi Arsip JRA Substantif Pemerintah Kabupaten Pesawaran Tahun Anggaran 2018

Kegiatan Penyusunan Jadwal Retensi Arsip JRA Substantif Pemerintah Kabupaten Pesawaran Tahun Anggaran 2018

Hari ini Senin tanggal 30 Juli 2018 telah diselenggarakan Penyusunan Jadwal Retensi Arsip (JRA) Substantif Pemerintah Kabupaten Pesawaran Tahun Anggaran 2018 yang berlangsung selama 2 (dua) hari.  Acara dibuka oleh Asisten 1 Bapak Syukur dan diakhiri dengan sesi foto bersama. Acara ini berlangsung di Aula Djunjungan Kabupaten Pesawaran. Dalam kegiatan ini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pesawaran menghadirkan Narasumber dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Dalam kegiatan ini Bapak Gunawan selaku narasumber dari Arsip Nasional Republik Indonesia memberikan pengarahan serta teknis dalam penyusunan Jadwal Retensi Arsip. Bapak Gunawan menjelaskan, Arsip memiliki nilai dan arti penting karena merupakan bahan bukti resmi mengenai penyelenggaraan administrasi Pemerintahan dan kehidupan kebangsaan. Arsip juga sebagai alat bukti yang sah di Pengadilan. Arsip juga harus dipelihara keberadaannya karena berfungsi juga sebagai dokumentasi Negara serta dalam rangka kegiatan perencanaan, penganalisaan, pembuatan, laporan dan pertanggung jawaban.
 
Dalam penyusunan Jadwal Retensi Arsip (JRA) ini diharapkan para peserta dapat meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan kita tentang pengelolaan arsip sesuai dengan peraturan yang berlaku didalam Undang Undang No. 43 Tahun 2009 tentang kearsipan.
 
Untuk mewujudkan tata kelola Pemerintahan yang lebih baik dan lebih bersih serta meningkatkan pelayanan publik maka harus didukung oleh sistem penyelenggaraan kearsipan yang komperhensif, terpadu dan berkesinambungan.
 
Dengan demikian Bapak Bupati melalui sambutan yang dibacakan oleh Asisten 1 berharap aparatur harus memiliki pengetahuan dan keterampilan serta wawasan yang luas guna menjunjung kelancaran dan suksesnya tugas-tugas Pemerintahan, Pembangunan, dan Kemasyarakatan.

Dipost Oleh Super Administrator

Admin Arpusda

Post Terkait

Tinggalkan Komentar